Monday, December 5, 2011

Contoh E-Learnig "Membuat Kalkulator Sederhana"

Contoh E-Learning yang akan kita bahas disini adalah tentang bagaimana membuat suatu program sederhana, sebelum membuat tampilan program kita harus membuat flowchart tentang bagaimana jalannnya suatu program tersebut.

Berikut kami terangkan tentang simbol-simbol dalam flowchart :

Terminal : Terminal digunakan untuk memulai atau mengakhiri suatu flowchart, biasanya diisi dengan kata "start" dan "end".

I/O : I/O atau Input/Output dalam flowchart digunakan untuk memasukkan daftar input atau output yang ada didalam program yang akan dibuat.

Decision : Decision pada flowchart digunakan untuk menentukan pilihan proses dalam program yang akan dibuat, pilihannya antara "Iya" atau "Tidak".

Proses : Proses pada flowchart digunakan untuk menerangkan proses yang terjadi dalam program yang akan dibuat.

Data Flow : Data flow pada flowchart digunakan untuk menerangkan arus data dalam program yang akan dibuat.







Berikut kami buat tampilan flowchart tentang pembuatan kalkulator sederhana.



Dari Flowchart yang telah dibuat seperti gambar disamping, kemudian kita membuat tampilan programnya. Dalam materi ini kami menggunakan Microsoft Visual Bsic 6.0 sebagai softwarenya. Berikut kami tampilkan contoh program yang telah dibuat, dengan step-step penggunaannya.

Berikut ini adalah tampilan program saat baru pertama kali running.
Saat diklik tombol Begin, tampilan kalkulator menjadi aktif dan mulai menginput.
Setelah mengisi Input 1 dan Input 2, proses selanjutnya adalah menekan tombol +, dan akan terlihat hasilnya di textbox Hasil.
Setelah mengisi Input 1 dan Input 2, proses selanjutnya adalah menekan tombol -, dan akan terlihat hasilnya di textbox Hasil.
Setelah mengisi Input 1 dan Input 2, proses selanjutnya adalah menekan tombol x, dan akan terlihat hasilnya di textbox Hasil.
Setelah mengisi Input 1 dan Input 2, proses selanjutnya adalah menekan tombol /, dan akan terlihat hasilnya di textbox Hasil.
Setelah selesai menggunakan kalkulator ini, tekan tombol End dan tampilan akan kembali Nonaktif. Jika Ingin menginput ulang tekan tombol Begin seperti cara pertama diatas, bila ingin mengeluarkan tampilan tekan tombol Out.
Terimaksih telah melihat tampilan blog kami dan melihat-lihat sekilas isinya, semoga bisa berguna.

No comments:

Post a Comment